Manfaat Bekam Kepala

Bekam Kepala : menyembuhkan banyak penyakit kronis






Hadits Nabi :

1. Dari Anas RA, dia bercerita: "Rasulullah SAW bersabda: 'Jika terjadi panas memuncak, maka netralkanlah dengan bekam sehingga tidak terjadi hipertensi pada salah seorang diantara kalian yang akan membunuhnya'." (diriwayatkan oleh al-Hakim dalam kitab al-Mustadrak, dari Anas RA secara marfu', beliau mensyahihkannya yang diakui pula oleh adz-Dzahabi (IV/212))

2. Abu Ubaid menyebutkan dalam kitabnya "GharibulHadits"melalui sanad Abdurrahman bin Abi Laila :  "Bahwasanya Rasulullah Saw, melakukan bekam pada kepalanya dengan tanduk ketika disihir orang"

3. Dari Abdullah bin Buhainah RA, dia bercerita: “Rasulullah SAW  berbekam di bagian tengah kepalanya sedang beliau tengah berihram karena pusing yang beliau rasakan.” (HR. Bukhari)

4. Dari Ibnu Umar RA, dia bercerita: “Nabi SAW pernah berbekam di kepalanya dan menyebutnya dengan Ummu Mughits.” (Kitab al-Fawaaid, dinilai hasan oleh al-Albani)



Bekam Kepala maksudnya adalah pembekaman yang dilakukan di titik kepala. Seperti kita tahu bersama bahwa kepala kita adalah pusat pengolahan informasi bagi seluruh tubuh manusia. Didalamnya terdapat super komputer canggih yang bernama otak. Nah, otak inilah yang jika terjadi gangguan maka akan terjadi ketidakberesan pada tubuh. Penyakit yang terjadi di kepala misalnya dari yang paling ringan yaitu pusing-pusing dan bisa menanjak menjadi yang paling parah yaitu kanker otak. Penyakit-penyakit kepala ini ternyata bisa disembuhkan dengan melakukan bekam kepala atau membekam di titik-titik pada kepala.



Penyakit yang bisa disembuhkan dengan bekam kepala

1.  Stroke
2.  Migrain
3.  Vertigo
4.  Parkinson
5.  Pusing
6.  Pengaruh gangguan Sihir (ghaib)
7.  Masalah penglihatan
8.  Masalah pendengaran
9.  Masalah penciuman
10.Peningkatan memori (kecerdasan)


Cara melakukan BEKAM KEPALA

untuk melakukan bekam kepala maka seorang terapis harus memastikan semua peralatannya steril dan higienis serta mengetahui dimana lokasi titiknya untuk proses bekam kepala. Jika pasien rambutnya masih panjang maka perlu dilakukan pencukuran rambut dilokasi titik yang akan dilakukan bekam kepala.
Hal ini penting karena bekam kepala tidak akab bisa dilakukan jika titik bekam masih dipenuhi rambut, kop bekam tidak akan menempel dengan sempurna. Kemudian setelah dicukur dan dibersihkan, maka selanjutnya dilakukan pembekaman kering dulu untuk mengumpulkan darah kotor dan sebagai anastesi lokal agar tidak sakit saat terkena tusukan jarum. Barulah setelah 5 menit bekam kepala kering, maka dilakukan penusukan menggunakan lancing device. Setelah itu lakukan penyedotan dan darah kotor pun akan keluar. Setelah selesai bekas luka kemudian diolesi minyak zaitun.

Pandangan Dokter tenteng Berbekam di Kepal :

1. Syaikh DR. Muhammad Musa Alu Nasr mengatakan : “Bekam dilakukan di kepala untuk mengeluarkan materi-materi yang berbahaya pada bagian tubuh bagian atas. Sedangkan khidhab/Pacar dilakukan pada kaki untuk mengeluarkan dan menarik zat-zat yang rusak dari bagian badan paling bawah, Wallaahu ‘alam.”
2. Dr. An-Nasimi mengatakan : “Dan manfaat bekam di tengah-tengah kepala (yakni, yang jauh dari pembuluh-pembuluh darah yang besar) dalam menghilangkan migren, menguraikan terjadinya rekasi terhadap pembuluh darah di otak yang mengakibatkan terjadinya pusing tersebut”.
Share:

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Sample Text

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.