Sabtu, 04 Juli 2015

MANFAAT GURAH

Gurah adalah metode pengobatan dengan cara pengeluaran lendir yang kotor yang mengandung kuman penyaki\t..Secara teknis ramuan khusus dimasukan kedalam lubang hidung, ramuan tersebut merangsang reaksi syaraf tubuh menekan, mendorong dan mengeluarkan lendir kotor melalui hidung dan mulut, sehingga seluruh saluran pernafasan pencernaan dan peredaran darah akan bersih dan lancar.
Proses pengobatan gurah berlangsung antara 1 sampai 2 jam.

Manfaat Gurah :
1. Menyembuhkan berbagai penyakit seperti :
TBC, Asma, Sinusitis, Sesak nafas, Nafas berat, Sakit paru-paru, Sakit Kepala, Migrain, Mudah Pusing, Stress, Flu, Pilek, Alergi debu, pilek berkepanjangan, Batuk menahun, Gangguan lambung, gangguan saluran pencernaan, dll
2. Menjadikan Suara menjadi lebih kuat, keras, jernih nyaring, lantang dan panjang,
Baik bagi orang dengan profesi : Penceramah, reporter, MC, Qori’ah, Guru, Dosen.
Baik bagi mereka yang menekuni Olah seni pernafasan, Olah ragawan
Pikiran menjadi lebih jernih baik bagi pelajar dan Mahasiswa.

JENIS JENIS GURAH
Gurah adalah cara pengobatan tradisional untuk mengeluarkan lendir dari dalam tubuh dengan menggunakan ramuan herbal yaitu berupa ekstrak daun Srigunggu (Clerodendron Serratum). Caranya dengan meneteskan cairan ekstrak daun Srigunggu ke mulut atau lubang hidung Dalam perkembangannya, herbal yang digunakan tidak melulu daun Srigunggu. Beberapa terapis menggunakan jenis dedaunan dari tumbuhan berkhasiat lainnya.
Tujuannya juga mengalami perkembangan, dari yang semula untuk membersihkan tenggorokan kini semua organ yang menghasilkan lendir bisa dibersihkan. Tak terkecuali untuk vagina, gurah diklaim bisa mengatasi keputihan atau sekedar mengurangi lendir supaya sensasi ‘keset’ lebih terasa. Daun Srigunggu merupakan salah satu herbal yang paling banyak digunakan untuk gurah, karena memang dari ekstrak tanaman inilah terapi gurah berkembang. Khasiatnya juga sudah dibuktikan secara ilmiah dan banyak dibuat dalam bentuk suplemen kapsul gurah.
Penelitian yang membuktikan hal itu dilakukan tahun 2005, oleh Prof dr Soepomo Soekardono, SpTHT-KL(K) dari Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. Dalam kesimpulannya disebutkan gurah dengan ekstrak daun srigunggu efektif meredakan gejala rinosinusitis kronis seperti ingus berlebih, bersin dan hidung tersumbat.
“Penelitian pada rhinitis khronis dengan memakai gurah menunjukkan bahwa sesudah digurah transport mukosilia melambat dibanding sebelum digurah dari hari kedua sampai hari kesepuluh,” ujar Prof Soedomo

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List