Sunan Ibnu Majah dari Anas secara marfu :”Barang siapa yang hendak berbekam , maka hendaklah ia memilih hari yang ke 17,19 atau 21.dan jangan sampai DARAH BERGOLAK (HYPERTENSI) pada salah seorang dari kamu, SEHINGGA AKAN MEMBUNUHNYA”

Sabtu, 04 Juli 2015

TEKKNIK PIJAT DAN URUT

TEKKNIK PIJAT YANG PAS UNTUK MENINGKATKAN KESEHATAN TUBUH DAN SEKSUALITAS

7 teknik pijat dan khasiatnya manfaat pijat bagi kesehatan teknik pijat kebugaran
Kebanyakan orang yang suka dipijat akan merasakan tubuh yang kembali bugar dan sehat dan bagi yang menjalankan terapi pijat secara teratur akan merasa tidak nyaman seandainya dia absen melakukan terapi pijat. Tubuh akan merasa pegal-pegal dan capek. Bagi yang suka, dipijat setiap minggu di tempat yang bersih dan nyaman benar-benar membuat rileks. Ada yang suka dengan teknik urut menggunakan massage oil, ada pula yang suka pijat “enak” alias tidak terlalu sakit. Di lain pihak, banyak pula yang tidak suka dipijat karena geli atau tidak tahan sakit.
Orang yang rutin melakukan pijatan biasanya menginginkan teknik pijatan harus benar-benar menyentuh otot yang meregang akibat terlalu letih bekerja. Misalnya, berkonsentrasi pada pundak, leher, atau kaki. Rasa sakit yang ditimbulkan rasanya menjadi pertanda bahwa otot-otot yang semula tumpang-tindih menjadi teratur sesuai jalurnya kembali. Ketika keluar dari tempat pijat, tubuh terasa ringan dan rileks.
Pada sebagian orang yang yang melakukan terapi pijat pertama kali akan merasakan efek dari pijatan ekstra keras sehari sebelumnya. Bagian tubuh yang dipijat terasa babak-belur. Batang kayu yang semula seperti dipasang di pundak memang telah hilang, sebagai gantinya Anda merasa seperti baru dipukuli preman.
Mengapa sehabis dipijat tubuh malah terasa sakit?
Ada beberapa alasan mengapa sehabis dipijat tubuh malah merasakan sakit yaitu:
Intensitas. Beberapa jenis pemijatan dapat disamakan dengan berolahraga. Misalnya pemijatan otot dan shiatsu. Pijatan sering melibatkan manipulasi otot secara ekstensif yang lalu diterjemahkan sebagai rasa sakit, karena tubuh tidak terbiasa terhadap manipulasi ini. Thai Massage adalah contoh lain pemijatan yang melibatkan pelenturan dan peregangan otot. Jika Anda mengalami ketegangan otot, maka Anda juga akan merasa sakit usai dipijat.

Detox. Sebagian teknik pijat yang lain bersifat melepaskan racun dari otot. Hal ini pun akan mengakibatkan kesakitan karena tubuh sedang berusaha untuk melepaskan racun ini. Sebaiknya Anda minum banyak air putih sebelum dan sesudah dipijat untuk membersihkan tubuh dari racun dengan lebih cepat.
Ada beberapa jenis pemijatan jika Anda menginginkan teknik pemijatan yang tidak terlalu intens, yaitu dengan mencoba pijatan ala Swedish Massage atau Lomi Lomi. Lomi Lomi adalah teknik pijat dari Hawaii di mana terapis akan meminta Anda untuk berdoa sebelum dipijat untuk memperoleh keseimbangan. Sedangkan pada Swedish Massage, terapi menggunakan sejumlah tekanan (secara superfisial) untuk mencapai otot seperti getaran, tepukan, remasan, usapan, dan gesekan, untuk melemaskan otot dan melancarkan peredaran darah.
Sedangkan untuk mengurangi rasa sakit seusai pemijatan, Anda bisa mandi dengan air panas atau melakukan sauna. Hal ini akan menjaga agar otot tetap rileks, dan mengeluarkan racun melalui keringat yang dihasilkan saat sauna.
Pijat Sesuai Kebutuhan Anda!
Salah satu cara mudah merelaksasi tubuh dan emosi adalah melalui pijatan. Tetapi ternyata setiap teknik pijatan dibuat untuk tujuan tertentu karena fokus relaksasinya berbeda-beda.
Untuk itu penting mengetahui teknik pijatan apa yang sesuai dari agenda relaksasi kita. Sehingga nikmatnya relaksasi dari kepala sampai ujung kaki tidak hanya menjadi slogan. Berikut perkenalan kita dengan teknik-teknik pijatan yang meringankan tubuh secara fisik dan psikis.
Pijatan ala Swedia adalah pijatan yang paling mudah untuk dinikmati, karena hampir seluruh tempat perawatan spa menggunakan metode ini. Terapis akan menggunakan minyak atau losion ke seluruh tubuh untuk memudahkan pijatan yang titik perhatiannya adalah permukaan otot-otot. Dengan tekanan yang halus dan memutar, pijatan ini dapat meregangkan otot-otot. Itu mengapa, pijatan spa sangat cocok untuk kita yang merasa tubuh mulai kaku. Terlebih bagi kita yang belum pernah dipijat, metode ini adalah pintu untuk “jatuh cinta” pada kekuatan tekanan tangan.
Deep tissue adalah pijatan yang tekanannya lebih keras dibanding pijatan spa, karena tujuannya adalah jaringan otot yang lebih dalam. Kekuatan tekanan tangan yang mengenai setiap inci otot masih akan terasa 1 sampai 2 hari setelah kita dipijat. Pijatan ini cocok untuk para atlet yang mengalami ketegangan otot pada areal tubuh yang sama.
Hot stone adalah pijatan yang menggunakan batu panas atau batu vulkanik untuk kemudian diletakkan pada titik-titik meridian tubuh. Batu panas inilah yang meregangkan ototnya yang kemudian disempurnakan dengan pijatan dari terapis. Uniknya terapis menggunakan telapak tangan untuk memijat tubuh kita mulai dari pundak, punggung, tangan, hingga kaki. Metode pijatan ini sangat cocok untuk kita yang tidak hanya ingin meregangkan otot tapi juga merangsang titik-titik reflek kita.
Aromaterapi adalah cara relaksasi tubuh melalui pijatan yang juga dilengkapi dengan aroma esensial yang dapat membantu kita keluar dari keluhan-keluhan seperti pusing, sulit tidur, atau stres. Penggunaan aroma esensial ini sebenarnya adalah berdasarkan ilmu terapi penciuman. Itu mengapa bagi kita yang mengalami kelelahan fisik dan emosi, aroma terapi adalah jalan keluar yang patut dipilih.