Terapi Bekam, Reflexi,Pijat dan Gurah

Fakta Tentang Gurah untuk Mengobati Sinus

Gurah merupakan pengobatan tradisional untuk mengeluarkan lendir dari dalam tubuh dengan ramuan cairan srigunggu yang diteteskan melalui hidung. Gurah diyakini dapat mengobati penyakit sinus.

Menurut Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1076/Menkes/SK/VII/2003 tentang Penyelenggaraan Pengobatan Tradisional, gurah digolongkan dalam pengobatan tradisional ramuan. Gurah disejajarkan dengan jamu, tabib, shinshe, homoeopathy, aromatherapist, dan pengobat tradisional lain yang menggunakan metode sejenis.

Cara kerja gurah
Gurah dipercaya dapat menyembuhkan penyakit sinusitis atau sinus. Seperti disebutkan di atas, bahan utama dalam pengobatan gurah adalah tanaman srigunggu atau senggugu. Tanaman berbunga yang bernama latin Clerodendrum serratum ini mengandung saponin. Saponin bekerja sebagai vasolidator, yaitu melebarkan pembuluh darah dan merangsang produksi lendir. Dengan kata lain, gurah dapat merangsang pembentukan lendir agar bisa dikeluarkan guna mengobati sinus.

Gurah biasanya dilakukan oleh praktisi gurah yang bisa juga disebut sebagai battra gurah. Ketika melakukan gurah, pasien diharuskan tidur telentang. Oleh battra gurah, ramuan srigunggu kemudian dimasukkan ke dalam hidung pasien. Ramuan didapat dengan mengeringkan akar pohon srigunggu. Akar tersebut kemudian digilas hingga keluar busa, dan disaring sampai diperoleh cairan yang jernih. Terakhir, cairan tersebut ditambahkan dengan air masak.

Setelah ramuan diteteskan ke hidung, pasien diminta untuk tidur tengkurap. Gunanya untuk mengeluarkan lendir yang dihasilkan dari mulut dan hidung. Ketika melakukan prosedur gurah, battra gurah biasanya ditemani oleh tukang pijat. Pasien dipijat agar merasa santai, sekaligus untuk mengurangi rasa sakit pada hidung selama prosedur gurah yang bisa memakan waktu hingga satu jam lamanya.

Pengobatan alami sinus lainnya
Jika menderita sinus, ada beberapa cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk meringankan ketidaknyamanan yang dirasakan. Cara-cara ini juga sudah dikenal dan biasanya tidak menimbulkan komplikasi, yaitu:

Menghirup uap panas, uap dapat membantu mengurangi saluran hidung yang bengkak dan tersumbat.
Meletakkan handuk hangat basah di wajah.
Menggunakan pelembap ruangan (humidifier), jangan lupa untuk membersihkannya secara teratur.
Bersihkan lendir dan jaga sinus tetap lembap dengan air garam.
Minum banyak air untuk membantu mengencerkan lendir dan mengurangi penyumbatan pada sinus.
Istirahat yang cukup.


AS TNA
Share:

Popular Posts